Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ngabuburit dan Kegiatan Positif Yang Bisa Dilakukan Didalamnya


Isi ngabuburit dengan i'tikaf di masjid, Gambar: BambuBeracun

BambuBeracun, Istilah ngabuburit sudah tidak asing ditelinga kita. Apalagi saat Ramadhan seperti sekarang ini. Lalu apa sih sebenarnya ngabuburit itu? Dan kegiatan positif apa yang bisa dilakukan didalamnya? Berikut pembahasannya.

Makna Ngabuburit

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadhan. Kegiatan ngabuburit ini bisa dilakukan sendirian maupun berkelompok.

Kegiatan ngabuburit ini bervariasi, ada yang berdampak positif dan ada juga yang berdampak negatif. Namun dari pada kita mengotori bulan Ramadhan dengan hal-hal negatif ketika ngabuburit, alangkah baiknya jika kita isi ngabuburit dengan hal-hal yang positif. Selain berdampak baik bagi diri kita, tentunya berdampak baik bagi orang lain.


Kegiatan Positif Saat Ngabuburit

Ada banyak kegiatan positif saat ngabuburit yang bisa kita lakukan. Adapun kegiatan positif tersebut diantaranya:

1. Baca Al-Qur’an

Baca Al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan positif untuk mengisi kegiatan ngabuburit. Selain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, membaca Al-Qur’an juga memberikan banyak pahala di bulan suci ini.

2. Ikut Majlis Ta’lim

Kegiatan positif saat ngabuburit lainnya adalah ikut majlis ta’lim. Majlis ta’lim ini bisa berupa pengajian kitab, pengajian umum, maupun sharing ilmu agama. Dengan ikut majlis ta’lim, bisa menambah pengetahuan kita tentang agama. Selain itu ikut majlis ta’lim juga akan mendapatkan banyak pahala.

3. I'tikaf di Masjid

I'tikaf di masjid merupakan salah satu kegiatan positif saat ngabuburit. Dengan i'tikaf, kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Dengan i'tikaf hati kita bisa menjadi lebih tenang. Selain itu i'tikaf dimasjid saat Ramadhan juga banyak pahalanya.

4. Bagi-Bagi Takjil Gratis

Kegiatan positif saat ngabuburit selanjutnya adalah bagi-bagi takjil gratis. Kegiatan ini selain bisa membantu orang lain yang membutuhkan takjil untuk berbuka puasa juga bisa menambah pahala. Bahkan disebutkan “Barang siapa yang memberi makan orang puasa (untuk berbuka) maka pahala baginya sebagaimana pahala orang yang melakukan puasa”. Jadi kegiatan bagi-bagi takjil gratis ini benar-benar bermanfaat. Baik bagi pelaku maupun orang lain.

5. Belajar

Daripada tongkrongan yang kurang jelas, lebih baik isi ngabuburit dengan belajar. Selain mendapat banyak ilmu-ilmu baru, belajar di bulan ramadhan juga bisa mendapatkan pahala.

6. Berjualan

Kegiatan positif saat ngabuburit yang bisa BambuBeracun bagikan adalah berjualan. Dengan berjualan kita bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang bisa kita gunakan untuk keperluan selama ramadhan dan lebaran. Dan pekerjaan ini termasuk sunah nabi. Sebagaimana diketahui, nabi Muhammad dulu juga berdagang.

Kesimpulan

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadhan. Daripada diisi dengan hal-hal yang negatif, lebih baik ngabuburit diisi dengan kegiatan yang positif. Kegiatan positif yang bisa kita kerjakan saat ngabuburit diantaranya: Baca Al-Qur’an, ikut majlis ta’lim, i'tikaf di masjid, bagi-bagi takjil gratis, belajar serta berjualan.

Pilihlah kegiatan yang sesuai dengan passion anda. Sehingga kegiatan ngabuburit ini benar-benar bermanfaat bagi anda maupun orang lain. Allahu a’lam.

Baca juga: Masakan Cepat Saji Yang Recomendet Untuk Dimasak Saat Sahur


Post a Comment for "Ngabuburit dan Kegiatan Positif Yang Bisa Dilakukan Didalamnya"