Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi-Materi Matakuliah Pembelajaran Bahasa Arab MI

Materi Pembelajaran Bahasa Arab MI

Matakuliah Pembelajaran Bahasa Arab MI ini merupakan matakuliah yang memberikan pemahaman tentang dasar-dasar cara mengajar Bahasa Arab di lembaga MI yang mencakup empat macam keterampilan dasar berbahasa Arab, yaitu menyimak bahasa Arab dasar, berbicara dengan bahasa Arab dasar, membaca bahasa Arab dasar, dan menulis bahasa Arab dasar, serta mengenal kaidah bahasa Arab.

Matakuliah ini sangat menunjang kepada para mahasiswa yang notabene mereka akan terjun langsung dalam dunia pendidikan, terutama dalam mengajar siswa MI. Sehingga nantinya bisa mengajar mata pelajaran Bahasa Arab dengan baik.


Materi Pembelajaran Bahasa Arab MI

Dibawah ini merupakan materi perkuliahan yang akan dibahasa selama satu semester.

No

Materi

Kelompok

1

Pembelajaran Bahasa Arab

a.    Problematika Pembelajaran Bahasa Arab

b.    Hakikat pendekatan

c.    metode, teknik dan strategi

d.    Hakikat media pembelajaran

Kelompok 1

2

Metode Gramatika-Translation

a.    Pengertian

b.    Implementasi

c.    Kekurangan dan kelebihan

Kelompok 2

3

Metode Langsung

a.    Pengertian

b.    Implementasi

c.    Kekurangan dan kelebihan

Kelompok 3

4

Metode Membaca (Thariqah al-Qira’ah)

a.    Pengertian

b.    Implementasi

c.    Kekurangan dan kelebihan

Kelompok 4

5

Metode Sam’iyyah wa Safawiyyah

a.    Pengertian

b.    Implementasi

c.    Kekurangan dan kelebihan

Kelompok 5

6

Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab MI

a.    Pengertian Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab MI

b.    RPP

c.    SILABUS

d.    PROMES

e.    PROTA

Kelompok 6

7

Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah al-Istima’

a.    Pengertian pengajaran maharah al-istima’

b.    Urgensi pengajaran maharah al-istima’

c.    Langkah-langkah pengajaran maharah al-istima’

d.    Problematika dan solusi pengajaran maharah al-istima’

Kelompok 7

8

Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah al-Qira’ah

a.    Pengertian pengajaran maharah al-Qira’ah

b.    Urgensi pengajaran maharah al- Qira’ah

c.    Langkah-langkah pengajaran maharah al- Qira’ah

d.    Problematika dan solusi pengajaran maharah al- Qira’ah

Kelompok 8

9

Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah al-Kitabah

a.    Pengertian pengajaran maharah al-kitabah

b.    Urgensi pengajaran maharah al- kitabah

c.    Langkah-langkah pengajaran maharah al- kitabah

d.    Problematika dan solusi pengajaran maharah al- kitabah

Kelompok 9

10

Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah al-Kalam

a.    Pengertian pengajaran maharah al-kalam

b.    Urgensi pengajaran maharah al- kalam

c.    Langkah-langkah pengajaran maharah al- kalam

d.    Problematika dan solusi pengajaran maharah al- kalam

Kelompok 10

11

Media Pembelajaran Bahasa Arab MI

a.    Pengertian media pembelajaran bahasa Arab

b.    Macam-macam media pembelajaran Bahasa Arab

c.    Media Pembelajaran Bahasa Arab Khusus Untuk MI dan Cara Penggunaannya

Kelompok 11

12

Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI

a.    Pengertian Penilaian

b.    Macam-macam Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab di MI

c.    Rancangan Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI

Kelompok 12

13

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab MI

a.    Pengertian Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab MI

b.    Macam-macam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab MI

c.    Fungsi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab MI

Kelompok 13

Diatas merupakan pembagian tema masing-masing kelompok dalam matakuliah Pembelajaran Bahasa ArabMI. Gunakan minimal 5 rujukan (boleh dari buku, jurnal atau berita). Semoga informasi diatas bermanfaat.

Terimakasih!


Post a Comment for "Materi-Materi Matakuliah Pembelajaran Bahasa Arab MI"