Materi-Materi Matakuliah Pembelajaran Bahasa Arab MI
![]() |
Materi Pembelajaran Bahasa Arab MI |
Matakuliah
Pembelajaran Bahasa Arab MI ini merupakan matakuliah yang memberikan pemahaman
tentang dasar-dasar cara mengajar Bahasa Arab di lembaga MI yang mencakup empat
macam keterampilan dasar berbahasa Arab, yaitu menyimak bahasa Arab dasar,
berbicara dengan bahasa Arab dasar, membaca bahasa Arab dasar, dan menulis
bahasa Arab dasar, serta mengenal kaidah bahasa Arab.
Matakuliah
ini sangat menunjang kepada para mahasiswa yang notabene mereka akan terjun
langsung dalam dunia pendidikan, terutama dalam mengajar siswa MI. Sehingga nantinya
bisa mengajar mata pelajaran Bahasa Arab dengan baik.
Materi
Pembelajaran Bahasa Arab MI
Dibawah ini
merupakan materi perkuliahan yang akan dibahasa selama satu semester.
No |
Materi |
Kelompok |
1 |
Pembelajaran Bahasa Arab a. Problematika
Pembelajaran Bahasa Arab b. Hakikat
pendekatan c. metode,
teknik dan strategi d. Hakikat
media pembelajaran |
Kelompok
1 |
2 |
Metode Gramatika-Translation a. Pengertian b. Implementasi c. Kekurangan
dan kelebihan |
Kelompok
2 |
3 |
Metode Langsung a. Pengertian b. Implementasi c. Kekurangan
dan kelebihan |
Kelompok
3 |
4 |
Metode Membaca (Thariqah al-Qira’ah) a. Pengertian b. Implementasi c. Kekurangan
dan kelebihan |
Kelompok
4 |
5 |
Metode Sam’iyyah wa Safawiyyah a. Pengertian b. Implementasi c. Kekurangan
dan kelebihan |
Kelompok
5 |
6 |
Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab MI a. Pengertian
Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab MI b. RPP c. SILABUS d. PROMES e. PROTA |
Kelompok
6 |
7 |
Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah
al-Istima’ a. Pengertian
pengajaran maharah al-istima’ b. Urgensi
pengajaran maharah al-istima’ c. Langkah-langkah
pengajaran maharah al-istima’ d. Problematika
dan solusi pengajaran maharah al-istima’ |
Kelompok
7 |
8 |
Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah
al-Qira’ah a. Pengertian
pengajaran maharah al-Qira’ah b. Urgensi
pengajaran maharah al- Qira’ah c. Langkah-langkah
pengajaran maharah al- Qira’ah d. Problematika
dan solusi pengajaran maharah al- Qira’ah |
Kelompok
8 |
9 |
Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah
al-Kitabah a. Pengertian
pengajaran maharah al-kitabah b. Urgensi
pengajaran maharah al- kitabah c. Langkah-langkah
pengajaran maharah al- kitabah d. Problematika
dan solusi pengajaran maharah al- kitabah |
Kelompok
9 |
10 |
Makna dan Urgensi Pengajaran Maharah
al-Kalam a. Pengertian
pengajaran maharah al-kalam b. Urgensi
pengajaran maharah al- kalam c. Langkah-langkah
pengajaran maharah al- kalam d. Problematika
dan solusi pengajaran maharah al- kalam |
Kelompok
10 |
11 |
Media Pembelajaran Bahasa Arab MI a. Pengertian
media pembelajaran bahasa Arab b. Macam-macam
media pembelajaran Bahasa Arab c. Media
Pembelajaran Bahasa Arab Khusus Untuk MI dan Cara Penggunaannya |
Kelompok
11 |
12 |
Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa
Arab di MI a. Pengertian
Penilaian b. Macam-macam
Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab di MI c. Rancangan
Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI |
Kelompok
12 |
13 |
Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab MI a. Pengertian
Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab MI b. Macam-macam
Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab MI c. Fungsi Evaluasi
Pembelajaran Bahasa Arab MI |
Kelompok
13 |
Diatas merupakan pembagian tema masing-masing kelompok dalam matakuliah Pembelajaran Bahasa ArabMI. Gunakan minimal 5 rujukan (boleh dari buku, jurnal atau berita). Semoga informasi diatas bermanfaat.
Terimakasih!
Post a Comment for "Materi-Materi Matakuliah Pembelajaran Bahasa Arab MI"