Materi-Materi dalam Matakuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab
Materi
Evaluasi
Pembelajaran Bahasa Arab
TEMA |
NAMA PEMATERI |
KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA
ARAB a. Pengertian
evaluasi, assessment, pengukuran, dan tes b. Kedudukan
dan tujuan evaluasi pembelajaran c. Prinsip-prinsip
evaluasi pembelajaran |
Kelompok 1 |
KARAKTERISTIK, MODEL, DAN PENDEKATAN EVALUASI
PEMBELAJARAN a. Karakteristik
instrumen evaluasi pembelajaran b. Model-model
evaluasi pembelajaran c. Pendekatan
evaluasi pembelajaran |
Kelompok 2 |
PROSEDUR PENGEMBANGAN EVALUASI
PEMBELAJARAN a. Perencanaan
evaluasi, pelaksanaan evaluasi, monitoring pelaksanaan evaluasi b. Pengolahan
data, pelaporan hasil evaluasi, penggunaan hasil evaluasi |
Kelompok 3 |
PENDEKATAN TES BAHASA DAN PENYUSUNAN TES
BAHASA ARAB a. Tes
Diskret b. Tes
Integratif c. Tes
Pragmatik d. Tahapan
penyusunan soal (tes) Bahasa Arab e. Analisis
hasil tes bahasa Arab |
Kelompok 4 |
JENIS DAN RUANG LINGKUP TES BAHASA ARAB a. Jenis-jenis
Tes Bahasa Arab b. Ruang
lingkup Tes Bahasa Arab |
Kelompok 5 |
TES BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI a. Tes
kemahiran menyimak b. Tes
kemahiran berbicara c. Tes
kemahiran membaca d. Tes
kemahiran menulis |
Kelompok 6 |
Ujian Tengah Semester |
- |
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI
PEMBELAJARAN a. Pengembangan
tes bentuk uraian b. Pengembangan
tes bentuk objektif c. Pengembangan
tes lisan d. Pengembangan
tes perbuatan |
Kelompok 7 |
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI JENIS
NONTES a. Observasi,
wawancara, skala sikap, daftar cek, skala penilaian, angket, studi kasus,
catatan insidental, sosiometri, inventori kepribadian b. Teknik
pemberian penghargaan kepada peserta didik |
Kelompok 8 |
PENILAIAN BERBASIS KELAS a. Pengertian
penilaian berbasis kelas b. Tujuan dan
fungsi penilaian berbasis kelas c. Objek
penilaian berbasis kelas d. Prinsip-prinsip
penilaian berbasis kelas e. Manfaat
hasil penilaian berbasis kelas f. Jenis-jenis
penilaian berbasis kelas g. Domain dan
alat penilaian berbasis kelas |
Kelompok 9 |
MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO a. Pengertian
penilaian portofolio b. Tujuan dan
fungsi penilaian portofolio c. Prinsip-prinsip
penilaian portofolio d. Karakteristik
penilaian portofolio e. Kelebihan
dan kekurangan penilaian portofolio f. Jenis-jenis
penilaian portofolio g. Tahap-tahap
penilaian portofolio |
Kelompok 10 |
TEKNIK PENGOLAHAN HASIL EVALUASI
PEMBELAJARAN a. Teknik
pengolahan hasil tes b. Skor total c. Cara
memberi skor untuk skala sikap d. Cara
memberi skor untuk domain psikomotor e. Pengolahan
data hasil tes PAP dan PAN |
Kelompok 11 |
ANALISIS KUALITAS TES DAN BUTIR SOAL a. Validitas,
reliabilitas, kepraktisan b. Analisis
kualitas butir soal c. Analisis
pengecoh d. Analisis
homoginitas soal e. Efektifitas
fungsi opsi |
Kelompok 12 |
PEMANFAATAN HASIL EVALUASI PEMBELAJARAN
DAN REFLEKSI PELAKSANAAN EVALUASI a. Pentingnya
memanfaatkan hasil evaluasi b. Refleksi
pelaksanaan evaluasi c. Keberhasilan
pembelajaran d. Evaluasi
diri terhadap proses pembelajaran e. Faktor-faktor
penyebab kegagalan dan pendukung keberhasilan dalam pembelajaran |
Kelompok 13 |
Ujian Akhir Semester |
- |
Bagi mahasiswa yang
namanya belum tercantum dalam kelompok silahkan menghubungi dosen pengampu atau
penanggung jawab matakuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab.
Post a Comment for "Materi-Materi dalam Matakuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab"