Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi-Materi dalam Matakuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab



Materi
Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab

TEMA

NAMA PEMATERI

KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

a.    Pengertian evaluasi, assessment, pengukuran, dan tes

b.    Kedudukan dan tujuan evaluasi pembelajaran

c.    Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran

Kelompok 1

KARAKTERISTIK, MODEL, DAN PENDEKATAN EVALUASI PEMBELAJARAN

a.    Karakteristik instrumen evaluasi pembelajaran

b.    Model-model evaluasi pembelajaran

c.    Pendekatan evaluasi pembelajaran

Kelompok 2

PROSEDUR PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN

a.    Perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi, monitoring pelaksanaan evaluasi

b.    Pengolahan data, pelaporan hasil evaluasi, penggunaan hasil evaluasi

Kelompok 3

PENDEKATAN TES BAHASA DAN PENYUSUNAN TES BAHASA ARAB

a.    Tes Diskret

b.    Tes Integratif

c.    Tes Pragmatik

d.    Tahapan penyusunan soal (tes) Bahasa Arab

e.    Analisis hasil tes bahasa Arab

Kelompok 4

JENIS DAN RUANG LINGKUP TES BAHASA ARAB

a.    Jenis-jenis Tes Bahasa Arab

b.    Ruang lingkup Tes Bahasa Arab

Kelompok 5

TES BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI

a.    Tes kemahiran menyimak

b.    Tes kemahiran berbicara

c.    Tes kemahiran membaca

d.    Tes kemahiran menulis

Kelompok 6

Ujian Tengah Semester

-

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN

a.    Pengembangan tes bentuk uraian

b.    Pengembangan tes bentuk objektif

c.    Pengembangan tes lisan

d.    Pengembangan tes perbuatan

Kelompok 7

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI JENIS NONTES

a.    Observasi, wawancara, skala sikap, daftar cek, skala penilaian, angket, studi kasus, catatan insidental, sosiometri, inventori kepribadian

b.    Teknik pemberian penghargaan kepada peserta didik

Kelompok 8

PENILAIAN BERBASIS KELAS

a.    Pengertian penilaian berbasis kelas

b.    Tujuan dan fungsi penilaian berbasis kelas

c.    Objek penilaian berbasis kelas

d.    Prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas

e.    Manfaat hasil penilaian berbasis kelas

f.     Jenis-jenis penilaian berbasis kelas

g.    Domain dan alat penilaian berbasis kelas

Kelompok 9

MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO

a.    Pengertian penilaian portofolio

b.    Tujuan dan fungsi penilaian portofolio

c.    Prinsip-prinsip penilaian portofolio

d.    Karakteristik penilaian portofolio

e.    Kelebihan dan kekurangan penilaian portofolio

f.     Jenis-jenis penilaian portofolio

g.    Tahap-tahap penilaian portofolio

Kelompok 10

TEKNIK PENGOLAHAN HASIL EVALUASI PEMBELAJARAN

a.    Teknik pengolahan hasil tes

b.    Skor total

c.    Cara memberi skor untuk skala sikap

d.    Cara memberi skor untuk domain psikomotor

e.    Pengolahan data hasil tes PAP dan PAN

Kelompok 11

ANALISIS KUALITAS TES DAN BUTIR SOAL

a.    Validitas, reliabilitas, kepraktisan

b.    Analisis kualitas butir soal

c.    Analisis pengecoh

d.    Analisis homoginitas soal

e.    Efektifitas fungsi opsi

Kelompok 12

PEMANFAATAN HASIL EVALUASI PEMBELAJARAN DAN REFLEKSI PELAKSANAAN EVALUASI

a.    Pentingnya memanfaatkan hasil evaluasi

b.    Refleksi pelaksanaan evaluasi

c.    Keberhasilan pembelajaran

d.    Evaluasi diri terhadap proses pembelajaran

e.    Faktor-faktor penyebab kegagalan dan pendukung keberhasilan dalam pembelajaran

Kelompok 13

Ujian Akhir Semester

-

 

Bagi mahasiswa yang namanya belum tercantum dalam kelompok silahkan menghubungi dosen pengampu atau penanggung jawab matakuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab.


Post a Comment for "Materi-Materi dalam Matakuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab"