Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB PBA 4B


MATERI
EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB


TEMA
NAMA PEMATERI
KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
a.      Pengertian evaluasi, assessment, pengukuran, dan tes
b.      Kedudukan dan tujuan evaluasi pembelajaran
c.       Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran
1.      Eva Jumiyantiningsih
2.      Lia Nikmatul Maula
3.      Agung Darmawan
KARAKTERISTIK, MODEL, DAN PENDEKATAN EVALUASI PEMBELAJARAN
a.      Karakteristik instrumen evaluasi pembelajaran
b.      Model-model evaluasi pembelajaran
c.       Pendekatan evaluasi pembelajaran
1.      Nadia Lami’a  Salsabila
2.      Ahmat  Yani
3.      Dewi Athikah
PROSEDUR PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN
a.       Perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi, monitoring pelaksanaan evaluasi
b.      Pengolahan data, pelaporan hasil evaluasi, penggunaan hasil evaluasi

1.      Wiji Hayyunin Nur Hafidha
2.      Karimatul Akhadiah
PENDEKATAN TES BAHASA DAN PENYUSUNAN TES BAHASA ARAB
a.       Tes Diskret
b.      Tes Integratif
c.       Tes Pragmatik
d.      Tahapan penyusunan soal (tes) Bahasa Arab
e.       Analisis hasil tes bahasa Arab
1.      Imroatul Husna
2.      Ursila Milatul Husniah
3.      Muhammad  Mambaul Ulum
JENIS DAN RUANG LINGKUP TES BAHASA ARAB
a.       Jenis-jenis Tes Bahasa Arab
b.      Ruang lingkup Tes Bahasa Arab
1.      Maulida Rohmatika
2.      Qothrun  Nada
TES BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI
a.       Tes kemahiran menyimak
b.      Tes kemahiran berbicara
c.       Tes kemahiran membaca
d.      Tes kemahiran menulis

1.      Iqbal Chilmi Chamim
2.      Nur Fatimah
3.      Uswatun Hasanah
Ujian Tengah Semester
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN
a.       Pengembangan tes bentuk uraian
b.      Pengembangan tes bentuk objektif
c.       Pengembangan tes lisan
d.      Pengembangan tes perbuatan
1.      Azyanul Azizah
2.      Muhammad  Hanif  Maimun
3.      Adinda Indriany Novitasari
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI JENIS NONTES
a.       Observasi, wawancara, skala sikap, daftar cek, skala penilaian, angket, studi kasus, catatan insidental, sosiometri, inventori kepribadian
b.      Teknik pemberian penghargaan kepada peserta didik

1.      Siska Risalatul Laili
2.      Muhammad  Alfitra Salman
3.      CameliaSalsabila Hakim
PENILAIAN BERBASIS KELAS
a.       Pengertian penilaian berbasis kelas
b.      Tujuan dan fungsi penilaian berbasis kelas
c.       Objek penilaian berbasis kelas
d.      Prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas
e.       Manfaat hasil penilaian berbasis kelas
f.       Jenis-jenis penilaian berbasis kelas
g.       Domain dan alat penilaian berbasis kelas
1.      Sri  Nailul  Hidayah
2.      Widhi  Eko  Purnomo
3.      Ilma  Ainurrosyidah
MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO
a.       Pengertian penilaian portofolio
b.      Tujuan dan fungsi penilaian portofolio
c.       Prinsip-prinsip penilaian portofolio
d.      Karakteristik penilaian portofolio
e.       Kelebihan dan kekurangan penilaian portofolio
f.       Jenis-jenis penilaian portofolio
g.       Tahap-tahap penilaian portofolio
1.      Anggi  Apriansyah
2.      Siska  Septiana
3.      Aisyah  Arum  Putri
TEKNIK PENGOLAHAN HASIL EVALUASI PEMBELAJARAN
a.       Teknik pengolahan hasil tes
b.      Skor total
c.       Cara memberi skor untuk skala sikap
d.      Cara memberi skor untuk domain psikomotor
e.       Pengolahan data hasil tes PAP dan PAN
1.      Irvan Ahmat Khoiruddin
2.      Qintana Nur  Imama
3.      Nurul Sholikhah
ANALISIS KUALITAS TES DAN BUTIR SOAL
a.       Validitas, reliabilitas, kepraktisan
b.      Analisis kualitas butir soal
c.       Analisis pengecoh
d.      Analisis homoginitas soal
e.       Efektifitas fungsi opsi 
1.      Rico Nur Ubaidilah
2.      Alfi Mufidatul Munna
3.      Achmad Shodikin Sholeh
PEMANFAATAN HASIL EVALUASI PEMBELAJARAN DAN REFLEKSI PELAKSANAAN EVALUASI
a.       Pentingnya memanfaatkan hasil evaluasi
b.      Refleksi pelaksanaan evaluasi
c.       Keberhasilan pembelajaran
d.      Evaluasi diri terhadap proses pembelajaran
e.       Faktor-faktor penyebab kegagalan dan pendukung keberhasilan dalam pembelajaran
1.      Munirul  Fuad  Albarik
2.      Mustagfiroh
3.      Muhammad  Shorihul  Umam

Bagi yang namanya belum tercantum silahkan menghubungi dosen pengampu matakuliah.

Post a Comment for "MATERI EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB PBA 4B"