MATERI EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB PBA 4B
MATERI
EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB
TEMA
|
NAMA
PEMATERI
|
KONSEP DASAR EVALUASI
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
a.
Pengertian evaluasi, assessment,
pengukuran, dan tes
b.
Kedudukan dan tujuan evaluasi
pembelajaran
c.
Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran
|
1.
Eva
Jumiyantiningsih
2.
Lia
Nikmatul Maula
3.
Agung
Darmawan
|
KARAKTERISTIK, MODEL, DAN
PENDEKATAN EVALUASI PEMBELAJARAN
a.
Karakteristik instrumen evaluasi pembelajaran
b.
Model-model evaluasi pembelajaran
c.
Pendekatan evaluasi pembelajaran
|
1.
Nadia
Lami’a Salsabila
2.
Ahmat Yani
3.
Dewi
Athikah
|
PROSEDUR PENGEMBANGAN EVALUASI
PEMBELAJARAN
a. Perencanaan evaluasi, pelaksanaan
evaluasi, monitoring pelaksanaan evaluasi
b. Pengolahan data, pelaporan hasil
evaluasi, penggunaan hasil evaluasi
|
1.
Wiji
Hayyunin Nur Hafidha
2.
Karimatul
Akhadiah
|
PENDEKATAN TES BAHASA DAN
PENYUSUNAN TES BAHASA ARAB
a. Tes Diskret
b. Tes Integratif
c. Tes Pragmatik
d. Tahapan penyusunan soal (tes)
Bahasa Arab
e. Analisis hasil tes bahasa Arab
|
1.
Imroatul
Husna
2.
Ursila
Milatul Husniah
3.
Muhammad Mambaul Ulum
|
JENIS DAN RUANG LINGKUP TES
BAHASA ARAB
a. Jenis-jenis Tes Bahasa Arab
b. Ruang lingkup Tes Bahasa Arab
|
1.
Maulida
Rohmatika
2.
Qothrun
Nada
|
TES BAHASA ARAB BERBASIS
KOMPETENSI
a. Tes kemahiran menyimak
b. Tes kemahiran berbicara
c. Tes kemahiran membaca
d. Tes kemahiran menulis
|
1.
Iqbal
Chilmi Chamim
2.
Nur
Fatimah
3.
Uswatun
Hasanah
|
Ujian Tengah
Semester
|
|
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI
PEMBELAJARAN
a. Pengembangan tes bentuk uraian
b. Pengembangan tes bentuk objektif
c. Pengembangan tes lisan
d. Pengembangan tes perbuatan
|
1.
Azyanul
Azizah
2.
Muhammad Hanif
Maimun
3.
Adinda
Indriany Novitasari
|
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI
JENIS NONTES
a.
Observasi, wawancara, skala sikap, daftar cek, skala
penilaian, angket, studi kasus, catatan insidental, sosiometri, inventori
kepribadian
b.
Teknik pemberian penghargaan kepada peserta didik
|
1.
Siska
Risalatul Laili
2.
Muhammad Alfitra Salman
3.
CameliaSalsabila
Hakim
|
PENILAIAN BERBASIS KELAS
a. Pengertian penilaian berbasis
kelas
b. Tujuan dan fungsi penilaian
berbasis kelas
c. Objek penilaian berbasis kelas
d. Prinsip-prinsip penilaian berbasis
kelas
e. Manfaat hasil penilaian berbasis
kelas
f. Jenis-jenis penilaian berbasis
kelas
g. Domain dan alat penilaian berbasis
kelas
|
1.
Sri
Nailul
Hidayah
2.
Widhi
Eko
Purnomo
3.
Ilma Ainurrosyidah
|
MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO
a. Pengertian penilaian portofolio
b. Tujuan dan fungsi penilaian
portofolio
c. Prinsip-prinsip penilaian portofolio
d. Karakteristik penilaian portofolio
e. Kelebihan dan kekurangan penilaian
portofolio
f. Jenis-jenis penilaian portofolio
g. Tahap-tahap penilaian portofolio
|
1.
Anggi Apriansyah
2.
Siska Septiana
3.
Aisyah Arum
Putri
|
TEKNIK PENGOLAHAN HASIL EVALUASI
PEMBELAJARAN
a. Teknik pengolahan hasil tes
b. Skor total
c. Cara memberi skor untuk skala
sikap
d. Cara memberi skor untuk domain
psikomotor
e. Pengolahan data hasil tes PAP dan
PAN
|
1.
Irvan
Ahmat Khoiruddin
2.
Qintana
Nur Imama
3.
Nurul
Sholikhah
|
ANALISIS KUALITAS TES DAN BUTIR
SOAL
a. Validitas, reliabilitas,
kepraktisan
b. Analisis kualitas butir soal
c. Analisis pengecoh
d. Analisis homoginitas soal
e. Efektifitas fungsi opsi
|
1.
Rico
Nur Ubaidilah
2.
Alfi
Mufidatul Munna
3.
Achmad
Shodikin Sholeh
|
PEMANFAATAN HASIL EVALUASI
PEMBELAJARAN DAN REFLEKSI PELAKSANAAN EVALUASI
a. Pentingnya memanfaatkan hasil
evaluasi
b. Refleksi pelaksanaan evaluasi
c. Keberhasilan pembelajaran
d. Evaluasi diri terhadap proses
pembelajaran
e. Faktor-faktor penyebab kegagalan
dan pendukung keberhasilan dalam pembelajaran
|
1.
Munirul Fuad
Albarik
2.
Mustagfiroh
3.
Muhammad Shorihul
Umam
|
Post a Comment for "MATERI EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB PBA 4B"