MATERI EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB 4A
MATERI
EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB
TEMA
|
NAMA
PEMATERI
|
KONSEP DASAR EVALUASI
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
a.
Pengertian evaluasi, assessment,
pengukuran, dan tes
b.
Kedudukan dan tujuan evaluasi
pembelajaran
c.
Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran
|
1.
Silka
Shofaya Izza
2.
Bilqis
Nurul Faizah
3.
Fadhilatun
Ni’mah
|
KARAKTERISTIK, MODEL, DAN
PENDEKATAN EVALUASI PEMBELAJARAN
a.
Karakteristik instrumen evaluasi pembelajaran
b.
Model-model evaluasi pembelajaran
c.
Pendekatan evaluasi pembelajaran
|
1.
Sundy
Miskatun Naafiah
2.
Alfiah
Fata
3.
Nafi’atul
Marfu’ah
|
PROSEDUR PENGEMBANGAN EVALUASI
PEMBELAJARAN
a. Perencanaan evaluasi, pelaksanaan
evaluasi, monitoring pelaksanaan evaluasi
b. Pengolahan data, pelaporan hasil
evaluasi, penggunaan hasil evaluasi
|
1.
Alfiyatul
Fauziyah
2.
Khusnul
Mei Nur Masitah
|
PENDEKATAN TES BAHASA DAN
PENYUSUNAN TES BAHASA ARAB
a. Tes Diskret
b. Tes Integratif
c. Tes Pragmatik
d. Tahapan penyusunan soal (tes)
Bahasa Arab
e. Analisis hasil tes bahasa Arab
|
1.
Luqyana
Ulfa
2.
Aziz
Bahtiyar Rifai
3.
Faricha
Ainul Arifah
|
JENIS DAN RUANG LINGKUP TES
BAHASA ARAB
a. Jenis-jenis Tes Bahasa Arab
b. Ruang lingkup Tes Bahasa Arab
|
1.
Debi
Yuri Oktalia
2.
Nirana
Salima
|
TES BAHASA ARAB BERBASIS
KOMPETENSI
a. Tes kemahiran menyimak
b. Tes kemahiran berbicara
c. Tes kemahiran membaca
d. Tes kemahiran menulis
|
1.
Binti
Lathifatul Muazaroh
2.
Irma
Fidya Ningsih
3.
Muhammad
Haris Hamzah
|
Ujian Tengah Semester
|
|
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI
PEMBELAJARAN
a. Pengembangan tes bentuk uraian
b. Pengembangan tes bentuk objektif
c. Pengembangan tes lisan
d. Pengembangan tes perbuatan
|
1.
Sofi
Listiana
2.
Evi
Lustiana
3.
Muhyidin
Ma’ruf
|
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI
JENIS NONTES
a.
Observasi, wawancara, skala sikap, daftar cek, skala
penilaian, angket, studi kasus, catatan insidental, sosiometri, inventori
kepribadian
b.
Teknik pemberian penghargaan kepada peserta didik
|
1.
Mahmudah
2.
Widayanti
3.
Gussainudin
Bahri
|
PENILAIAN BERBASIS KELAS
a. Pengertian penilaian berbasis
kelas
b. Tujuan dan fungsi penilaian
berbasis kelas
c. Objek penilaian berbasis kelas
d. Prinsip-prinsip penilaian berbasis
kelas
e. Manfaat hasil penilaian berbasis
kelas
f. Jenis-jenis penilaian berbasis
kelas
g. Domain dan alat penilaian berbasis
kelas
|
1.
Habib
Nurrozikin
2.
Anis
Habibah
3.
Nada
Fukha Ishmana
|
MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO
a.
Pengertian penilaian portofolio
b.
Tujuan dan fungsi penilaian portofolio
c.
Prinsip-prinsip penilaian portofolio
d.
Karakteristik penilaian portofolio
e.
Kelebihan dan kekurangan penilaian portofolio
f.
Jenis-jenis penilaian portofolio
g.
Tahap-tahap penilaian portofolio
|
1.
Sausan
Nafisah Ulayya
2.
Ayu
Sukawati
3.
Imroatul
Febriani H.U
|
TEKNIK PENGOLAHAN HASIL EVALUASI
PEMBELAJARAN
a. Teknik pengolahan hasil tes
b. Skor total
c. Cara memberi skor untuk skala
sikap
d. Cara memberi skor untuk domain
psikomotor
e. Pengolahan data hasil tes PAP dan
PAN
|
1.
Muhammad
Fauzi Al Azizi
2.
Ni’am
Khurotul Asna
3.
Siti
Miftakhul Hidayah
|
ANALISIS KUALITAS TES DAN BUTIR
SOAL
a. Validitas, reliabilitas,
kepraktisan
b. Analisis kualitas butir soal
c. Analisis pengecoh
d. Analisis homoginitas soal
e. Efektifitas fungsi opsi
|
1.
Rofi’atul
aisaroh
2.
Syanovana
Muaazarotun
3.
Indaful
Hanifah
|
PEMANFAATAN HASIL EVALUASI
PEMBELAJARAN DAN REFLEKSI PELAKSANAAN EVALUASI
a. Pentingnya memanfaatkan hasil evaluasi
b. Refleksi pelaksanaan evaluasi
c. Keberhasilan pembelajaran
d. Evaluasi diri terhadap proses
pembelajaran
e. Faktor-faktor penyebab kegagalan
dan pendukung keberhasilan dalam pembelajaran
|
1.
Sri
Rahayu
2.
Rima
Hawa Nuria
3.
Silvia
Pangastika
|
Post a Comment for "MATERI EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB 4A"