Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB 4A


MATERI
EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB

TEMA
NAMA PEMATERI
KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
a.      Pengertian evaluasi, assessment, pengukuran, dan tes
b.      Kedudukan dan tujuan evaluasi pembelajaran
c.       Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran
1.      Silka Shofaya Izza
2.      Bilqis Nurul Faizah
3.      Fadhilatun Ni’mah
KARAKTERISTIK, MODEL, DAN PENDEKATAN EVALUASI PEMBELAJARAN
a.      Karakteristik instrumen evaluasi pembelajaran
b.      Model-model evaluasi pembelajaran
c.       Pendekatan evaluasi pembelajaran
1.      Sundy Miskatun Naafiah
2.      Alfiah Fata
3.      Nafi’atul Marfu’ah
PROSEDUR PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN
a.       Perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi, monitoring pelaksanaan evaluasi
b.      Pengolahan data, pelaporan hasil evaluasi, penggunaan hasil evaluasi

1.      Alfiyatul Fauziyah
2.      Khusnul Mei Nur Masitah
PENDEKATAN TES BAHASA DAN PENYUSUNAN TES BAHASA ARAB
a.       Tes Diskret
b.      Tes Integratif
c.       Tes Pragmatik
d.      Tahapan penyusunan soal (tes) Bahasa Arab
e.       Analisis hasil tes bahasa Arab
1.      Luqyana Ulfa
2.      Aziz Bahtiyar Rifai
3.      Faricha Ainul Arifah
JENIS DAN RUANG LINGKUP TES BAHASA ARAB
a.       Jenis-jenis Tes Bahasa Arab
b.      Ruang lingkup Tes Bahasa Arab
1.      Debi Yuri Oktalia
2.      Nirana Salima
TES BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI
a.       Tes kemahiran menyimak
b.      Tes kemahiran berbicara
c.       Tes kemahiran membaca
d.      Tes kemahiran menulis

1.      Binti Lathifatul Muazaroh
2.      Irma Fidya Ningsih
3.      Muhammad Haris Hamzah
Ujian Tengah Semester
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN
a.       Pengembangan tes bentuk uraian
b.      Pengembangan tes bentuk objektif
c.       Pengembangan tes lisan
d.      Pengembangan tes perbuatan

1.      Sofi Listiana
2.      Evi Lustiana
3.      Muhyidin Ma’ruf
PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI JENIS NONTES
a.       Observasi, wawancara, skala sikap, daftar cek, skala penilaian, angket, studi kasus, catatan insidental, sosiometri, inventori kepribadian
b.      Teknik pemberian penghargaan kepada peserta didik
1.      Mahmudah
2.      Widayanti
3.      Gussainudin Bahri
PENILAIAN BERBASIS KELAS
a.       Pengertian penilaian berbasis kelas
b.      Tujuan dan fungsi penilaian berbasis kelas
c.       Objek penilaian berbasis kelas
d.      Prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas
e.       Manfaat hasil penilaian berbasis kelas
f.       Jenis-jenis penilaian berbasis kelas
g.       Domain dan alat penilaian berbasis kelas
1.      Habib Nurrozikin
2.      Anis Habibah
3.      Nada Fukha Ishmana
MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO
a.       Pengertian penilaian portofolio
b.      Tujuan dan fungsi penilaian portofolio
c.       Prinsip-prinsip penilaian portofolio
d.      Karakteristik penilaian portofolio
e.       Kelebihan dan kekurangan penilaian portofolio
f.       Jenis-jenis penilaian portofolio
g.       Tahap-tahap penilaian portofolio
1.      Sausan Nafisah Ulayya
2.      Ayu Sukawati
3.      Imroatul Febriani H.U
TEKNIK PENGOLAHAN HASIL EVALUASI PEMBELAJARAN
a.       Teknik pengolahan hasil tes
b.      Skor total
c.       Cara memberi skor untuk skala sikap
d.      Cara memberi skor untuk domain psikomotor
e.       Pengolahan data hasil tes PAP dan PAN
1.      Muhammad Fauzi Al  Azizi
2.      Ni’am Khurotul Asna
3.      Siti Miftakhul Hidayah
ANALISIS KUALITAS TES DAN BUTIR SOAL
a.       Validitas, reliabilitas, kepraktisan
b.      Analisis kualitas butir soal
c.       Analisis pengecoh
d.      Analisis homoginitas soal
e.       Efektifitas fungsi opsi 
1.      Rofi’atul aisaroh
2.      Syanovana Muaazarotun
3.      Indaful Hanifah
PEMANFAATAN HASIL EVALUASI PEMBELAJARAN DAN REFLEKSI PELAKSANAAN EVALUASI
a.       Pentingnya memanfaatkan hasil evaluasi
b.      Refleksi pelaksanaan evaluasi
c.       Keberhasilan pembelajaran
d.      Evaluasi diri terhadap proses pembelajaran
e.       Faktor-faktor penyebab kegagalan dan pendukung keberhasilan dalam pembelajaran
1.      Sri Rahayu
2.      Rima Hawa Nuria
3.      Silvia Pangastika

Bagi yang namanya belum tercantum silahkan menghubungi dosen pengampu.

Post a Comment for "MATERI EVALUASI PEBELAJARAN BAHASA ARAB 4A"