Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspada Banjir dan Penyakit



Kini hujan sudah turun. Hamper setiap hari kita merasakan dinginnya air hujan. Turun hujan merupakan keberkahan bagi para petani yang sudah lama menanti kehadirannya. Setelah sekian lama musim kemarau yang mengakibatkan tanah gersang dan kebakaran dimana-mana. Kini para petani sudah bisa bercocok tanam lagi. Tanah yang dulunya landus kini sudah bisa dicankuli lagi. Air yang musim kemarau kemarin sangat sulit didapat, kini dengan mudah bisa diperoleh. Itu semua berkat anugerah Allah SWT yang sayang kepada umatnya.

Musim kemarau kemarin adalah musim bencana, karena sebagaimana kita lihat kebakaran dimana-mana yang mengakibatkan Indonesia “DARURAT ASAP”. Setelah kini turun hujan, bukan berarti bencana tidak ada. Ya . . . kita harus waspada banjir dan penyakit yang ada di musim penghujan. Banjir bisa terjadi kapan saja dimusim penghujan ini apalagi ketika curah hujan tinggi dan sungai bayak isi sampah, maka jangan heran bila tiba-tiba banjir melanda daerah anda.


Selain bahaya banjir, musim penghujan juga rawan akan penyakit. Yang paling sering anda lihat di sekitar anda adalah musim penyakit batuk, pilek, demam, panas, flu dan sebagainya yang disebabkan oleh air hujan. Selain nama penyakit tadi masih ada penyakit lain yang adanya karena perantara hujan. Diantaranya adalah demam berdarah, malaria dan yang terbaru adalah virus zika. Yang mana ketiganya itu merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan bisa menyebabkan kehilangan nyawa.

Perlu diingat, nyamuk dapat berkembang biak dengan pesat di air. Dan musim penghujan adalah masa yang sangat menguntungkan bagi perkembang biakan nyamuk karena banyak sekali air yang menggenang dimana-mana untuk tempat tinggal mereka. Karenanya untuk mengatasi itu semua perlu digalakkan 3M (menguras, membakar dan mengubur) agar nyamuk tidak ada di daerah kita, sehingga kita terhindar dari penyakit-penyakit yang membahayakan tadi.

Sekian, semoga bermanfaat.
Ditulis oleh: Machrup Eko Cahyono

Post a Comment for "Waspada Banjir dan Penyakit"