Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

“Tips Mendidik Anak yang Baik”



Mendidik anak tidak boleh sembarangan. Ada tips-tips khusus untuk mendidik anak sehingga menjadi anak yang sukses. Cara mendidik anak harus disesuaikan dengan umur anak didik, sehingga materi dan apa-apa yang diberikan oleh pendidik bisa diterima oleh anak didik. Untuk mengaplikasikan tips-tips mendidik anak yang baik, penulis akan membagi tiga macam kategori mendidik anak sesuai dengan periode umur anak didik.


Periode umur 0-6 tahun
Pada periode ini tugas seorang pendidik adalah sebagai teladan bagi anak didiknya. Seorang pendidik harus memberi contoh yang baik bagi anak didiknya, karena mereka akan mencontoh apa pun yang dilakukan oleh pendidiknya.

Periode umur 6-12 tahun
Pada periode ini, selain sebagai teladan, seorang pendidik juga memberi motivasi kepada anak didiknya. Motivasi ini untuk menyemangati anak didiknya supaya lebih rajin belajar, sehingga mereka bisa sukses. Dengan adanya pemberian motivasi, semangat anak didik yang mulai redup akan menyala kembali. Nah itulah tujuan pemberian motivasi, yaitu agar murid semangat terus dalam menimpa ilmu sehingga apa-apa yang dicita-citakan bisa tercapai.

Periode umur 12-18 tahun
Pada periode ini, selain sebagai teladan dan motivasi peserta didik, pendidik juga sebagai sahabat bagi anak didiknya. Pendidik harus selalu siap sedia mendengarkan curhatan anak didiknya, sehingga tahu akan masalah masing-masing anak didiknya yang akhirnya bisa memberi solusi untuk kesuksesan anak didiknya.

Semoga dengan adanya tulisan ini, bisa membantu para pendidik untuk menghantarkan anak didiknya menjadi anak yang sukses serta berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Amin.

The best teacher teach from heart not from the book

Post a Comment for "“Tips Mendidik Anak yang Baik”"