Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

berlatih pidato



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

اْلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ . وَ بِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى اُمُوْرِ الدُّنْيَا وَ الدِّيْنِ . وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا وَ مَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ . وَ عَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. اَمَّا بَعْدُ.

Yang terhormat para dewan juri
Teman-temanku yang ku sayangi
Serta hadirin wal hadirot rohimakumullah


Pertama-tama marilah kita panjatkan puja-puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta inayah-Nya, sehingga kita bisa berkumpul di majlis yang insya Allah penuh barokah ini dalam keadaan sehat wal ‘afiyat.

Sholawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman Islamiyah yaitu dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang-benderang yakni agama Islam.

Ketiga kalinya kami berdiri disini akan menyampaikan beberapa patah kata yang berjudul “ Pentingnya Ilmu Agama di Era globalisasi”.

Hadirin Yang berbahagia!
Mencari ilmu adalah salah satu kewajiban yang dibebankan bagi setiap orang baik laki-laki maupun perempuan agar suatu hari kelak mengerti kewajiban-kewajibannya. Sebagaimana sabda Nabi muhammad SAW:

طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ
Yang artinya: mencari ilmu itu wajib hukumnya bagi muslim laki-laki maupun perempuan.  

Bahkan nabi Muhammad menyuruh umatnya untuk mencari Ilmu mulai dari lahir sampai tiba ajalnya. Sebagaimana sabda nabi muhammad SAW:
اُطْلُبُوا اْلعِلْمَ مِنَ اْلمَهْدِ اِلَى اللَّهْدِ
Yang artinya: carilah ilmu mulai dari buaian hingga ke liang lahat.
Dari hadist Nabi diatas mengisyaratkan betapa pentingnya mencari ilmu. Bahkan Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu. Sebagaimana firman Allah dalam surat al-Mujadalah ayat 11:
يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ اَمَنُوْا مِنْكُمْ وَ الَّذِيْنَ اُوْتُوْا اْلعِلْمَ دَرَجَاتٍ
Yang artinya: Allah akan mengangkat diantara kalian derajat orang yang beriman dan memiliki ilmu.

Hadirin yang berbahagia!
Di era globalisasi ini, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang. Sehingga mau tak mau akan mempengaruhi sikap prilaku manusia. Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, anak-anak kecil sudah mengenal apa yang namanya internet. Bahkan sudah banyak yang bisa memakainya. Karenanya agar kelak anak-anak tidak terjerumus kedalam hal-hal yang negatif, diharapkan kepada bapak-bapak dan ibu-ibu untuk selalu mengawasi putra-putrinya. Dan alangkah baiknya jika bapak-bapak dan ibu-ibu menyekolahkan putra-putrinya ke sekolah yang bisa membentengi anak-anak dari perilaku-perilaku negatif. Karena sebagaimana diketahui, internet mempunyai hal-hal yang positif dan negatif. Semoga dengan memasukkan anak-anak di sekolah-sekolah yang ada pelajaran agama, anak-anak akan terjaga dari hal-hal yang negatif. Amin amin ya robbal ‘alamin!

Dengan belajar ilmu-ilmu agama orang akan tahu mana yang salah dan mana yang benar. Selain itu belajar agama bisa menjadikan orang menjadi anak yang sholih dan sholihah yang bisa mendo’akan kedua orang tuanya kelak ketika kedua orang tuanya sudah meninggal. Sebagaimana diketahui orang yang sudah meninggal amalnya akan terputus kecuali dengan tiga perkara dan salah satunya adalah anak sholih yang mendo’akan kedua orang tuanya. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:
اِذَا مَاتَ ابْنُ اَدَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ . صَدَاقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْ لَهُ.
Yang artinya: jika anak Adam meninggal maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu, shodaqoh jarirah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang mendo’akan orang tuanya.

Dari hadits di atas sangat jelas bahwa ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholih sangat berguna bagi dirinya dan orangtuanya.

Hadirin yang berbahagia!

Sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kekurangan dan kekhilafan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
باِللهِ التَّوْفِيْقَ وَ اْلهِدَايَةَ.
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

Post a Comment for "berlatih pidato"