Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memimpin Sepenuh Hati



Memimpin Sepenuh Hati

Menjadi pemimpin itu suatu anugrah yang tidak semua orang bisa menjabatnya. Seorang pemimpin itu diibaratkan sebagaimana ka’bah yang harus dicintai sepenuh hati oleh semua orang. Jika hal demikian berhasil dibangun, maka tugas-tugas yang terkait dengan bidang yang dipimpinnya, akan bisa dijalankan dengan mudah. Rakyat akan melakukan apa saja yang disenangi oleh pemimpinnya. Hubungan rakyat dan pemimpin bukan lagi bersifat transaksional, melainkan terbangun atas dasar kecintaanya yang penuh.


Pemimpin mencintai rakyat yang dipimpin, dan sebaliknya rakyat akan mencintai pemimipinnya sedemikian rupa. Antara pemimpin dan rakyat memiliki ikatan emosional yang tinggi. Karenanya, apa yang menjadi garis kebijakannya dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.

Ketika seorang pemimpin memimpin dengan hati, dia tidak akan pernah mengharap akan gajinya. Yang dipikirkan hanya bagaimana caranya bisa mengemban amanat ini dan bisa menjalankan dengan baik, sehingga orang dibuat gembira, hatinya lapang, dibangun cita-cita atau harapan bahwa ada sesuatu yang lebih mulia yang ingin diraih secara bersama-sama. Cara inilah yang melahirkan keikhlasan.


Orang yang ikhlas akan bekerja secara sungguh-sungguh tanpa mengharapkan suatu apapun kecuali hanya ketentraman, sejahtera serta kedamaian rakyatnya. Kita ambil contoh sosok Jokowi yang akhir-akhir ini sangat menarik perhatian banyak kalangan. Beliau mau blusukan ke masyarakat yang dipimpinnya, bahkan beliau mau masuk selokan hanya karena ingin tahu bagaimana cara mengatasi banjir di Jakarta. Selain merakyat, beliau katanya juga tidak mau mengambil gaji beliau. Hal ini sangat jarang sekali dilakukan para pemimpin, baik pemimpin di Dunia maupun di Indonesia pada khususnya. Yang penulis tahu, beliau hanya ingin menjalankan amanah yang diembannya saja.

Kalau semua pemimpin di Indonesia seperti ini alangkah bahagianya rakyat Indonesia, karena bisa aman, tentram dan damai dengan pemimpin-pemimpin yang selalu memperhatikan rakyatnya. Selain itu bekerja dengan pemimpin seperti ini tidak akan merasa terpaksa, tetapi justru sebaliknya, yaitu mendapatkan kegembiraan dan kepuasan.

Harapan rakyat Indonesia saat ini, semoga kedepannya bangsa Indonesia ini mempunyai pemimpin-pemimpin yang selalu memperhatikan rakyatnya dan bekerja untuk rakyatnya, sehingga cita-cita para leluhur bangsa ini untuk menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang aman, tentram damai, sejahtera serta mermartabat bisa terwujud. Allahumma Amin.

Post a Comment for "Memimpin Sepenuh Hati"