Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia


Seorang Pramuka adalah orang yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan alam sekitar walau disimpan di dalam hutan rimba pun seorang pramuka pasti dapat hidup, mereka memanfaatkan kondisi alam yang telah di ciptakan oleh allah, " manfaatkan lah semua yang ada di alam dan jangan lah merusak alam". 

Pramuka saat ini sangatlah penting hingga pada kurikulum 2013 ini pramuka masuk dalam ekstra kurikuler wajib sekolahan, baik SD, SMP maupun SMA. Karena dengan adanya ekstra kurikuler pramuka, setidaknya akan melatih peserta didik untuk lebih mandiri dalam segala hal sehingga menjadi orang yang siap tempur dalam segala bidang ketika terjun dimasyarakat.

Dalam ekstra pramuka, peserta didik dilatih bagaimana tidur dialam bebas dengan harapan bias ikut merasakan kesederhanaan orang-orang yang tak mampu yang hanya tidur di jalanan, selain itu juga menyatukan jiwa peserta didik dengan alam. Selain itu juga dilatih bagaimana memasak, setidaknya sepulang dari acara kemah, peserta didik akan bias memasak sendiri, sehingga tidak perlu menyewa jasa pembantu rumah tangga yang setiap bulan harus digaji, sehingga uang itu bias untuk ditabung. 


Masih banyak karakter positif yang ada dalam ekstra kurikuler pramuka. Sebagaimana yang tertera dalam Dasa Dharma Pramuka, bagi siapa saja yang bisa melakukan keseluruhan isi kandungan dalam Dasa Dharma pramuka, dengan yakin pasti menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

Semoga bermanfaat, Jayalah pramuka. . . jayalah Indonesia. . .!!!!

Post a Comment for "Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia"