Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peranan Motivasi dalam Belajar



Belajar tanpa motivasi bagaikan bermotor tanpa bahan bakar, sehingga semewah apapun kendaraan tersebut, tidak akan bisa dijalankan tanpa adanya bahan bakar. Motivasi adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi belajar adalah kesanggupan untuk melakukan kegiatan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalam dirinya ataupun yang datang dari luar. Kegiatan itu dilakukan dengan kesungguhan hati dan terus-menerus dalam rangka mencapai tujuan.

 
Motivasi ada dua macam, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik timbul dari dalam diri individu itu sendiri tanpa ada paksaan ataupun dorongan dari orang lain, tetapi atas dasar kemauan diri sendiri. Motivasi ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, suruhan atau paksaan orang lain sehingga dengan keadaan demikian siswa mau belajar atau melakukan sesuatu.

Berkaitan dengan proses belajar siswa, motivasi belajar sangatlah diperlukan. Diyakini bahwa hasil belajar akan meningkat kalau siswa mempunyai motivasi belajar yang kuat. Dalam belajar, tingkat ketekunan siswa sangat ditentukan oleh kuat lemahnya motivasi belajar siswa. Seorang anak yang telah termotivasi untuk belajar sesuatu, akan berusaha mempelajarinya dengan baik dan tekun, dengan harapan memperoleh hasil yang baik.


Beberapa indikator motivasi belajar antara lain:
  1. kuatnya kemauan untuk berbuat
  2. jumlah waktu yang disediakan untuk belajar
  3. ketekukan dalam mengerjakan tugas
  4. ulet menghadapi kesulitan (tidak cepat putus asa)
  5. lebih senang kerja mandiri, dan
  6. dapat mempertahankan pendapatnya

Apabila seseorang memiliki ciri-ciri di atas, berarti dia memiliki motivasi yang tinggi. Ciri-ciri motivasi seperti itu akan sangat penting dalam kegiatan belajar. Kegiatan belajar akan berhasil dengan baik kalau siswa tekun mengerjakan tugas serta ulet dalam memecahkan berbagai masalah dan hambatan secara mandiri. Siswa yang belajar dengan baik, tidak akan terjebak pada suatu rutinitas. Dalam hal ini tampak bahwa motivasi untuk belajar menyebabkan seseorang tekun belajar.



4 comments for "Peranan Motivasi dalam Belajar"