Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BATIK "Sebagai Budaya Indonesia"

Batik adalah gambar yang ditulis pada kain dengan mempergunakan malam sebagai media sekaligus penutup kain batik. Batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang sudah diakui dunia melalui UNESCO. Selain indah batik mempunyai nilai seni yang tinggi sehingga sampai-sampai Negara tetangga Indonesia (Malaysia) mengakui batik sebagai warisan budaya mereka.



Banyak sekali corak batik di Indonesia, karena hampir setiap daerah mempunyai ciri khas batik. Di tengok dari sejarah, Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang.  Misalnya motif kerajaan atau bangsawan.
Adapun macam-macam batik Indonesia setidaknya sebagai berikut:
1.      Batik Cirebon
2.      Batik solo
3.      Batik pekalongan
4.      Batik Jogja
5.      Batik Jepara
6.      Batik Madura
7.      Batik Borneo


Dan masih banyak macam batik yang ada di Indonesia. cara membuatnyapun sekarang ada yang batik tulis atau batik cap. tapi jangan khawatir semua sama-sama indah dan mengagumkan pokoknya.

Sekarang batik menjadi identitas Negara melalui program sekolah-sekolah yang menyeragamkan murid-muridnya dengan memakai batik tertentu yang telah disediakan sekolah pada hari tertentu (misalnya hari rabu dan kamis). Dengan adanya program ini diharapkan budaya batik Indonesia tetap lestari sampai kapanpun.



Siapapun anda sebagai warga negara Indonesia wajib melestarikan budaya bangsa. semoga batik Indonesia tetap jaya sampai kapanpun.




Post a Comment for "BATIK "Sebagai Budaya Indonesia""